Setengah Hari Pertama Magang di KBRI Bangkok.

by - 11/30/2017 11:58:00 PM

Bangkok, 30 November 2017

Setelah keputusan mendadak di awal tahun 2017 tentang coba-coba cari kesempatan magang, terus dilanjutkan sama perjuangan menghemat dan menabung duit selama beberapa bulan. Sampai jugalah saya di sini, di Bangkok, Thailand!!!!! Mungkin di sini masalah persiapan gak bisa dibahas rinci, karena bisa beda-beda sih tiap orang, tapi ya secara garis besar, kita cuma tinggal minta informasi ke bagian Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) tentang informasi magang dan bulan yang masih ada slot untuk magang. Biasanya kuota yang dikasih itu sekitar 6-7 orang, tapi bulan Desember ini kuotanya sampai 10 orang.

Singkat cerita, tanggal 28 November 2017, kami satu rombongan berangkat ke Thailand. Rutenya mulai dari Jogja-Jakarta-Bangkok. Keberangkatan kami sih agak lebay dan gak mulus. Tanggal 28 pagi itu, Jogja-Jawa Tengah itu kena badai besar, Badai Cempaka. Cuaca di Jogja waktu itu jelek banget. BANGET. Pesawat-pesawat banyak yang delay take-off dan landing. Bahkan pesawat yang kami naiki balik lagi ke Jakarta karena gak bisa mendarat di Adi Sutjipto. Terpaksalah, kami nunggu lima jam di ruang tunggu bandara. Pesawat yang dijadwalkan berangkat pukul 11.35, baru bisa mendarat di Jogja pukul 16.30, dan masih ada penerbangan-penerbangan lain setelah kami hari itu. Padahal, pesawat kami ke Bangkok berangkat jam 16.40. Cuma, setelah kami sampai di Cengkareng, ternyata... PESAWAT KAMI YANG KE BANGKOK DELAY JUGA!!!! Karena kena efek di penerbangan-penerbangan lain yang delay karena cuaca buruk. Akhirnya, gak perlu reschedule, gak perlu coba refund, kami bisa ke Bangkok sesuai jadwal.

Di Bangkok ini, lima dari 10 orang, termasuk saya, tinggal di MHouse Hostel, Petchaburi 7 Alley, Ratchathewi. Alhamdulillah, semua dapet kamar privat yang diisi sama dua dan tiga orang, jadi gak perlu sharing sama tamu lain. Dari MHouse Hostel ke KBRI Bangkok sih gak terlalu jauh, tapi lumayan lah olahraga kaki beberapa hari pulang-pergi. Btw, ini MHouse ini cocok lho buat traveller-traveller Muslim. Di Soi 7 ini ada masjid dan juga kios-kios makanan halal. Makanannya juga beragam, mulai dari menu non-daging, kayak telur dan sayur-sayuran, sampai menu daging yang disayur, dibuat burger dan hotdog juga ada, dan halal! Oh, juga kalau di MHouse ini, suara azannya kedengeran jelas. Gak perlu khawatir kalau ketinggalan waktu salat.

Itu sih sekilas tentang bagaimana saya daftar dan di mana persiapan saya buat magang di Bangkok dan masalah tempat tinggalnya. Lalu... di tanggal 30 November ini, kami langsung mulai magang di empat fungsi dan empat atase dari semua fungsi dan atase yang ada di KBRI Bangkok. Biasanya pos-pos yang bisa dipakai sama anak magang itu antara lain: Fungsi Politik; Ekonomi; Protokol dan Konsuler (Protkons); Penerangan dan Sosial Budaya (Pensosbud); Atase Kejaksaan Agung (Kejagung); Perdagangan (Atdag); Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud); dan Riset. Sebenernya di KBRI Bangkok masih ada atase-atase dan fungsi-fungsi lain, seperti Komunikasi, Pertahanan, Administrasi, Imigrasi, dan Polri. Cuma buat anak-anak magang, hanya difokuskan di empat atase dan empat fungsi saja.

Setelah kontak-kontakan sama perwakilan staff Atdikbud, kami disuruh datang tanggal 30 November pagi, untuk orientasi dan pembagian pos selama magang. Kalau sesuai pembagian pos dan jadwal magang, saya dapat bagian di Pensosbud selama dua minggu, lalu lanjut ke Atdag, dan di minggu terakhir di Fungsi Ekonomi. Nah, waktu orientasi, kami diajak keliling sama staf lokal Atdikbud yang ternyata satu almamater sama kami, Mas Adul. Di sini kami diajak keliling KBRI Bangkok dan kenalan dengan semua anggota-anggotanya. Mulai dari sekitar jam 09.00 sampai waktunya istirahat makan siang. Nah, setelah istirahat makan siang, kami mulai masuk di pos masing-masing.

Sesuai pembagian, saya langsung masuk di Pensosbud. Di sini, kepala fungsinya itu Pak Dodo, terus ada Mbak Desita, dan Ibu Aik buat staf seniornya. Terus, ada juga staf yang masih muda-muda, ada Mbak Sofi yang staf lokal Thailand tapi udah lancar Bahasa Indonesianya, dan Mas Yuda. Fyi, Mas Yuda juga satu almamater sama kami lho.

Tugas pertama yang dikasih buat saya adalah, disuruh membuat kliping dan resume berita tentang Indonesia di koran-koran Thailand, seperti The Nation dan Bangkok Post. Terus, kami juga nanti dimintai bantuan buat membuat press release dan hal-hal yang berkaitan sama media-media. Oh iya, kami juga dimintai tolong untuk men-translate berita dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Pak Dodo juga ngasih kerjaan untuk nulis paper tentang ASEAN berupa opini-opini pribadi tentang ASEAN dalam hal apapun yang menurut anak magang penting atau menarik.

Sejauh ini sih, orang-orang di Pensosbud kelihatannya aktif-aktif bicara ya. Ada aja bahan bicaranya. PR sih buat saya yang dua minggu akan gabung di sini. Pinter-pinter nimbrung ajalah ya. Di hari pertama ini, saya pulang pas matahari udah turun. Sekitar jam setengah enam. Soalnya, saya gak tahu kalau anak magang ternyata boleh pulang jam 5-an. Hehehehe.

Setelah sampai di Bangkok, saya baru tahu kalau ternyata, bulan Desember ini banyak liburnya. Jumat tanggal 31 November, libur. Tanggal 5 Desember, juga libur. Terus, tanggal 11 Desember libur lagi. Eh, tanggal 25-26 Desember libur juga. Mungkin selain mikir masalah tugas dari KBRI, saya juga harus mikir tentang kegiatan apa aja yang bakal dilakukan selama libur ini. Ada sih sebenernya keinginan buat nyoba naik BTS sama naik bis kotanya, biar live like a local. Gak afdol sih kalau belum coba. Di minggu-minggu akhir mungkin bisa lah yaa. Let's see, then. :)) Bye!